Header Ads

Pria ini keliling dunia hanya dengan ongkos kurang dari $1000 (±13 juta Rupiah)

Setelah pensiun di umur 34 tahun, Brandon pergi keliling dunia selama 3 bulan, mengunjungi 14 negara di 4 benua yang berbeda, dan total pengeluarannya hanya $947.91 (jika dirupiahkan dengan kurs 13.000/$ maka kira2 hanya 12.500.000 Rupiah)

Apa rahasianya ?

Rahasianya adalah di keanggotaan Frequent Flyer Miles yang bonus nya diperhitungkan melalui penggunaan kartu kredit.

Brandon (mempunyai nickname Mad Fientist di blog nya) bepergian ke Amerika tengah dan selatan dengan United Airlines, pemberhentiannya adalah Mexico City, Bogota, Colombia, Cusco, Peru, Quito, Ecuador dan Panama City hanya dengan menggunakan 20.000 miles (point) untuk tiap kota. (biasanya layover/transit 24 jam untuk setiap kotanya)

Dia menggunakan program redemption Asia dan Timur Tengah milik perusahaan American Airlines yang membolehkannya untuk terbang dari Jepang ke Amman, Yordania dengan 30.000 miles (kira2 sebanyak 1 juta Rupiah saja). Kota-kota transit yang disinggahinya adalah Taipei, Hong Kong, Bangkok, Muscat, dan Abu Dhabi.

Dia menyadari bahwa rencana bepergiannya ini membutuhkan perencanaan dan riset yang mendalam, tapi dia juga menuliskan di blognya bahwa untuk menemukan program bonus dalam sebuah penerbangan tidaklah sulit. "jika anda mau bepergian tidak harus seperti saya, sangat mungkin anda mendapatkan deal harga yang murah drastis tanpa memerlukan banyak perjuangan"

Brandon menggunakan dua perambah ini :

1. AwardHacker

Tentukan tujuan anda lalu masukan ke dalam AwardHacker, perambah mereka akan memberikan pilihan penerbangan yang paling murah bagi anda.

Contohnya jika anda ingin bepergian dari New York ke Roma maka ketikan saja disana, anda akan menemukan program frequent flyer yang paling efisien untuk anda.


2. CardRatings

Brandon dulunya bekerja di bidang software development, karena itu ia menciptakan tool untuk mencari penawaran kartu kredit terbaik.
Sebagai contoh, dia mengatakan bahwa American Express dan Citibank menawarkan banyak point yang bisa digunakan untuk perjalanan dan penginapan. 

Nah, program CardRatingsnya ini bisa menemukan kombinasi terbaik dari lokasi, jarak dan biaya yang memungkinkan anda untuk menemukan bonus terbaik.

Contohnya lagi, jika anda ingin menggunakan penerbangan Delta dan menginap di Hilton, maka anda tinggal menuliskannya saja, maka program ini akan memberi rekomendasi kartu kredit apa yang sebaiknya anda gunakan untuk mendapatkan harga yang termurah atau bonus yang terbaik.

Jika anda belum menentukan destinasi, akumulasikan saja bonus point anda agar nanti bisa digunakan pada waktunya tanpa resiko perubahan harga.

Terkadang lebih murah dan menguntungkan justru jika anda membayar dengan uang tunai saja. Brandon juga menyarankan untuk menggunakan Google Flights untuk mencari airport yang akan anda singgahi.

Bepergianlah hanya dengan menggunakan tas yang bisa masuk kabin pesawat sehingga anda tidak perlu membayar bagasi.

Untuk bepergian di dalam kota Brandon menggunakan Uber atau Lyft untuk mendapatkan keuntungan promonya.
Untuk menginap Brandon juga menggunakan Airbnb sehingga biaya penginapan menjadi lebih murah.

Brandon sangat serius dalam mengatur keuangannya, bahkan dia memiliki sistem keuangan terpisah dengan isterinya Tapi dia juga mengingatkan bahwa jangan terlalu fokus pada menabung sehingga tidak bisa menikmati hidup.
Setelah pulang ia mengatakan bahwa sementara ini ia tidak merencanakan bepergian lagi, 'Bepergian untuk waktu yang lama membuat saya menghargai waktu bersama keluarga'

sumber : Business Insider



No comments

Powered by Blogger.